Sabtu, 10 Agustus 2013

Pentingnya Gerakan Politik bagi Jalannya Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

               Banyak di antara kita semua tidak mau atau bahkan anti terhadap politik. Masih banyak sekali yang menganggap politik merupakan hal yang buruk dan kotor. Jika kita melihat kondisi politik saat ini memang persepsi-persepsi masyarakat tersebut wajar saja. Aktor-aktor politik yang sangat buruk dalam mengimplementasikan politik cukup mendukung persepsi tersebut disamping kurangnya pengetahuan mengenai politik itu sendiri. Jika persepsi mengenai poltik saja sudah seperti itu, maka untuk ikut bergabung dalam gerakan politik bisa dikatakan tidak mungkin. Maka dari itu disini saya akan mencoba mengulas mengenai pentingnya gerakan poltik bagi kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Gerakan politik bisa dikatakan kelompok yang melakukan aktivitas-aktivitas politik. Contoh konkritnya antara lain Partai Politik, Ormas-ormas, maupun Organisasi-organisasi Gerakan Mahasiswa yang dalam aktivitasnya melakukan aktivitas-aktivitas politik.

                Seperti yang telah saya ulas diatas bahwa yang menjadi pokok pembahasan kita disini adalah “PENTINGNYA” kita mengikuti dan keberadaan gerakan politik. Pertama-pertama saya akan membahas mengenai pentingnya gerakan politik dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Munkin ketika kita melihat orang bergabung dengan sebuah gerakan politik dan ada orang yang menawari kita untuk ikut gerkan politik, pasti pertanyaan yang muncul dikepala kita adalah “Mengapa saya repaot-repot ngurusi politik??? Wong ngurusi masalah sendiri saja sudah kewalahan??? Kan lebih baik saya kerja dari pada ikut gitu-gituan”.
                Ada peribahasa lama yang sudah sering kali kita dengar, yaitu “satu lidi mudah dipatahkan, tetapi 100 lidi sangat sulit untuuk dipatahkan”. Mungkin semuanya sudah mengerti apa makna dari peribahasa tersebut, yaitu ketika kita sendiri kita akan mudah untuk dikalahkan, tetapi ketika kita bersatu kita akan sangat sulit untuk dikalahkan. Begitulah arti pentingnya gerakan politik. Kita semua tentu memiliki maslah sendiri-sendiri. Jika kita menyelesaikan atau memperjuangkan masalah kita sendir-sendiri, maka yang kita temui adalah kesulitan. Akan tetepi jika kita mengumpulkan masalah-masalah kita dengan kawan-kawan kita, saudara-saudar kita, maka maslah tersebut akan mudah untuk diselesaikan dan ketika kita memperjuangkannyapun kita tidak akan mudah untuk dikalahkan.
                Contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut. Ali adalah seorang buruh di sebuah perusahaan swasta. Kenaikan harga BBM yang dilakukan pemerintah membuat harga sembako melambung naik sehingga biaya kehidupan Ali menjadi semakin tinggi sedangkan gajinya tidak naik. Hal ini menjadi masalah bagi Ali, naiknya biaya kehidupan yang tidak diimbangi pemasukan membuat kehidupan Ali semakin sulit bahkan Ali bisa dikatakan tidak mampu memenuhi kehidupan keluarganya. Dengan demikian, hal ini menjadi suatu masalah bagi Ali yang harus segera diselesaikan. Disisi lain ada seorang petani bernama Salim yang belakangan ini semakin sulit untuk membeli sembako guna memenuhi kehidupan keluarganya. Seperti halnya dengan Ali, kenaikan harga BBM juga yang membuatnya kesulitan dalam memenuhi kehidupannya. Dan ada juga Malik seorang pedagang sayur, serta Roji seorang tukang bangunan yang sama-sama kesulitan dalam memenuhi kehidupannya akibat kenaikan harga BBM.
                Jika dalam menyelesaikan masalah mereka berpikri sendiri-sendiri, maka hanya kebuntuan yang mereka dapatkan dan ketika mereka mencoba untuk memperjuangkan hak-haknya, maka kegagalan yang akan mereka temui. Bayangkan ketika Ali menuntut kenaikan gaji sendiri, apakah dia tidak akan dipecat??? Dan bayangkan juga ketika Malik dan Roji juga menuntut hak mereka sendiri-sendiri, apa yang akan mereka dapatkan ??? bukankah hanya sebuah kegagalan semata??? Dan sekarang coba bayangkan jika mereka bergabung bersama dalam sebuah gerakan politik. Mereka dapat berdiskusi bersama untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, mereka dapat memperjuangkan masalah-masalah mereka bersama dengan menghimpun kawan-kawan mereka yang senasib kedalam gerakan politik mereka, bukankah itu lebih memiliki harapan keberhasilan dan tidak mudah untuk dikalahkan atau diputus asakan ??? jika memang demikian yang akan terjadi, maka kenapa tidak kita bergabung dan bersama-sama kawan kita untuk ikut dalam gerakan politik ??? saya rasa ulasan diatas sudah cukup untuk menjwab pentingnya kita bergabung dengan gerakan politik dan penting gerakan politik dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Semoga bermanfaat....
MERDEKA !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar