Senin, 08 Juli 2013

Kenaikan Harga BBM.... Siapa yang Untung????



                Sudah dua pekan lebih kenaikan harga BBM diresmikan oleh pemerintah. Pro dan kontra tentu mewarnai kenaikan harga BBM tersebut. Mereka yang pro santai-santai saja dan menikmati kenaikan harga BBM sembari, membantu pemerintah mengkampanyekan keuntungan naiknnya harga BBM. Bagi mereka yang kontra ya mencaci maki pemerintah, turun aksi ke jalalnan seperti yang dilakukann mahasiswa dan buruh atau menulis artikel tentang kebobrokan kenaikan harga BBM. Banyak yang dapat mereka lakukan untk mengapresiasi karya agung rezim SBY-Budiono menjelang akhir kepemimpinannya baik bagi yang pro ataupun yang kontra. Dan yang harus kita ingat adalahh kita tetap dalam jalur yang benar dalam mengapresiasinya seperti tanpa kekerasan.
                Saya masih ingat betul dalam wawancara yang dilakukan oleh salah satu stasiun televisi swasta kepada salah satu Menteri bahwa kenaikan harga BBM
tidak akan memicu kenaikan harga kebutuhan pokok lainnya dan jika naikpun kan ada “BLSM” yang akan menyelamatkan masyarakat “miskin” dari kelaparan akibat gelombang kenaikan harga. Dan hari ini pada detik ini saya menulis tulisan ini di Bumi Nusantara ini baik di koran maupun di TV, hampir selluruh harga kebutuhan pokok naik drastis. Lantas dimana peran pemerintah untuk mengatur dan menyelamatka ekonomi rakyat?????? Apakah mereka “baru” sadar bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok tidak akan bisa dihindari maupun dikendalikan ketika harga BBM dinaikkan???
                Memang kenaikan harga kebutuhan pokok tidak bisa dihindari dapat kita terima, yang sangatlah miris adalah BLSM yang dikatakan pemerintah sebagai “penyelamat” rakyat miskinpun tidak terealisasikan dengan baik bahkan banyak terjadi kebobrokan diberbagai daerah. Dari tidak tepat sasaran sampai lambatnya pencarian “penyelamat” tersebut. Yang menjadi pertanyaan adalah apa benar kenaikan harga BBM ini untuk menyelamatkan uang rakyat??? Apa benar ini untuk menyelamatkan ekonomi rakyat??? Apa benar kenaikan harga BBM untuk rakyat???? Apa sebaliknya bahwa kenaikan harga BBM hanya ditujukan untuk elit-elit masyarkat??? Cobalah kita tanya [pada rumput yang bergoyang.
                Jiak kita bertanya pada masyarakat Indonesia hari ini apakah kenaikan harga BBM menguntungkan bagi anda? Maka saya rasa jawabannya adalah tidak. Bahakan bagi mereka yang mendapatkan BLSMpun juga akan menjawab hal yang sama karena uang “penyelamat” yang diberikan pemerintah dengan besarnya jumlah kenaikan harga tidak sebanding. Lantas bagaimana kondisi masyarakat yang tergolong miskin tetapi tidak mendapat BLSM dan mereka yang tergolong keluarga buruh kelas menengah yang tidak mendapat kenaikan gaji??? Mungkin pemerintah juga harus meperhatikan mereka yang tidak kaya tetapi bukan miskin. Karena mereka sudah hidup oas-pasan dan diberi beban lagi dengan naiknya harga kebutuhan pokok.
                Bagi mereka yang sudah kaya atau masyarakat kelas atas kenaikan harga BBM hanya akan sedikit menggangu dompet mereka termasuk aparatur pemerintah. Mereka tidak akan banyak terganggu dengan kenaikan harga pokok akibat kenaikan harga BBM. Bahakan pengusahapun tidak akan terganggu perusahaannya karena adanya peringanan pajak dan subsidi yang dilakukan pemerintah. Jadi, kenaikan harga BBM tidak akan merubah banyak wajah perekonomian Bangsa ini.
Semoga bermanfaat...
MERDEKA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar