Senin, 08 Juli 2013

Lagi.... Perbedaan Sambut Ramadhan di Indonesia



Marhaban Ya Ramadhan....
                Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh umat Islam. Salah satu yang membuat Ramadhan sangat istimewa bagi umat Islam dikarenakan dalam bulan inilah Al-Quran yang merupakan kitab suci dan petunjuk bagi umat Islam diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Dalam bulan inii juga umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan yang dilaksanakan selamabulan Ramadhan. Saya rasa tidak perlu panjang lebar dijelaskan dalam artikel ini pengertiian dan segala hal mengenai bulan Ramadhan.
                Hal yang ingin saya bahas daam artikel ini adalah perbedaan penetapan 1 Ramadhan.tahun ini, ada sebagian masyarakat Indonesia yang menetapkan 1 Ramadhan pada besok hari Selasa, 10 Juli 2013. Akan tetapi pemerintah lewat Kementrian Agama secara resmi menetapkan 1 Ramadhan pada Hari Rabu, 11 Juli 2013. Untuk mengetahui bulan baru dalam kalender Hijriyah yang digunakan sebagai penanggalan resmi umat Islam dilihat dengan dua cara, yaitu Hisab yang berarti menggunakan ilmu pasti peredaran bulan dan Rukyah yang menggunakan metode melihat secara langsung munculnya bulan baru.

                Hal yang mendasari perbedaan tersebut bukanlah cara yang mereka gunakan dalam mennentukan awal bulan tersebut, akan tetapi dasar atau standart “Hilal” atau bulan muda tersebut dinyatakan sebagai bulan baru atau tidak. Jika pemerintah menetapkan bahwa Hilal dinyatakan sebagai bulan baru ketika berada diantara 2-4 derajat yang artinya bisa dilihat dengan mata, maka sebagian masyarakat yang berbeda tersebut tidak membatasi berapa derajat Hilal itu muncul sehingga dinyatakan sebagai bulan baru yang artinya tidak bisa dilihat dengan mata telanjangpun tidak masalah. Dan sampai saat ini, standart mengenai Hilal itu belum mampu disamakan sehingga tidak muncul perbedaan.
                Yang menjadi perhatian kita saat ini saya rasa bukanlah perbedaan yang ada atau bagaimana menyatukan perbedaan yang ada di Bumi Pertiwi ini, karena perbedaan merupakan hal yang wajar adanya. Dan yang harus kita lakukan adlaah menjaga agar perbedaan yang ada ini menjadi suatu hal yang indah dan semakain mempererat tali persaudaraan kita. Biarkan masalah perbedaan tersbut diselesaikan oleh para ahli. Kita hanya bisa melihat dan mengapresiasi apa yang telah mereka lakukan. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang lebih baik dan lebih berkah dari Ramdhan tahun lalu sehingga kita menjadi manusia yang kembali fitri dan meraih kemenangan. Semoga Bermanfaat...
MERDEKA !!!!

1 komentar:

  1. Makasih dan Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    BalasHapus